berbagi lewat tulisan

View on Path

Belum Berasa Makan Kalau Belum Makan Nasi

Nasi merupakan makan pokok terutama buat sebagian besar orang indonesia. Nasi sendiri menurut definisi yang saya dapet dari Wikipedia “Nasi adalah beras yang telah direbus dan di tanak” jadi nasi bahan dasar utamanya adalah beras hasil dari tanaman padi. Sejak kecil saya sudah dikenalkan dengan makanan pokok ini mungkin kalau waktu balita dikasih makannya masih bubur 😁, yaitu beras juga yang dimasaknya direbus tapi air rebusannya agak banyak jadi hasil nasinya lunak. Nasi sendiri merupakan sumber makanan yang memiliki karbohidrat tinggi yang fungsinya bagi tubuh untuk menghasilkan energi 💪, makanya nasi itu makanan pokok yang gak tergantikan 👏, walaupun banyak makanan selain nasi sebagai pengahasil karbohidrat. Sejak kecil pas waktu makan nasi ada perintah “Nasinya dihabiskan ! Kalau tidak nanti nasinya nangis “entah apa cuma saya aja atau anak yang lain juga merasakan seperti itu 😅waktu kecil sih patuh aja, tapi setelah gede baru sadar kalau itu ternyata cuma istilah aja kalau kita harus bersyukur bisa memakan nasi dan menghargai jeripayah proses dari pembuatan nasi itu sendiri yang dimulai dari padi itu ditanam sampai menghasilkan beras dan diolah menjadi nasi, nah karena dari kecil udah dibiasain makan nasi, kebiasaan itu mungkin udah melekat dan membudaya sampai-sampai ada istilah “Belum Berasa Makan Kalau Belum Makan Nasilebih tepatnya sekenyang apapun porsi makan, kalau gak ada nasinya bakalan cepet laper lagi 😅

Makna Dari Sebuah Masakan

Kalau bicara soal makanan siapa sih yang yang gak suka makan, pasti semua orang pasti makan, karena makan merupakan kebutuhan hidup setiap mahluk yang memiliki nyawa 😋. Makanan dapat berupa makan jadi atau makanan olahan, ya kalau makan jadi kita gak perlu repot membuatnya karena sudah jadi kan 😁 semisal buah-buahan yang bisa langsung kita makan. Lain halnya dengan makanan jadi makanan olahan memerlukan usaha untuk membuatnya nah itulah yang dinamakan masakan lazimnya masakan dimasak di dapur (ya iyalah masa di kuburan 😅) masakan selau identik dan memiliki cita rasa yang khas rata-rata kaum ibu dan perempuan yang pandai memasak, tapi gak aneh juga sih kalau ada laki-laki yang pandai masak, ya semisal chef terkenal juga banyak yang dari kaum laki-laki (ya kan😁) saya sendiri sih suka makan dan kulineran gitu tapi tetep aja makanan favorit saya adalah masakan rumah kenapa bukan karena dirumah saya ada chef handal, tapi lebih kepada cita rasa yang khas itu yang perlu digaris bawahi (ingat, ingat ;)) mungkin masakan rumah saya gak semewah masakan restoran mungkin juga masakan rumah saya gak semenarik cita rasa internasional, tapi buat saya masakan rumah selalu membuat saya inget dan kangen pulang ketika saya sedang berada jauh dari rumah, jadi menurut saya masakan yang dimasak di rumah dibuat dengan rasa sayang, dan itu gak akan pernah ditemuin ditempat manapun. Saya sendiri walau gak jago-jago masak tapi saya suka kalau masak apalagi kalau masakan saya disukai sama yang makan dan habis rasanya seneng aja gitu, jadi kalau kalian mau makanan kalian memiliki cita rasa yang khas cintailah masakan rumah maka kalian akan kangen dan kangen bila jauh dari rumah.:)

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Mohon Maaf Lahir & Batin 🙏

View on Path

Berlebihan itu tidak baik, sikapi dengan bijak dan tetap rendah hati dengan banyak bersukur 🙏

View on Path

Yeay, mas bro udah lima tahun usianya 🙌.
Tak terasa perjalan panjang bersama sepeda ini udah berusia 5 tahun, banyak cerita, banyak pengalaman dan petualangan menjelajah sudah pernah dilalui bersama…😊 dulu inget banget awal kuliah sekitar tahun 2009 pengen banget punya sepeda yang bisa dipakai buat perjalanan ngampus, maklum saat itu kalo ngampus naik angkot bawaannya agak pusing gima gitu, karena perjalanan yang jauh ditambah angkotnya agak jarang dan suka ngetem 😅 tapi saat itu duit jajan masih pas-pasan buat ongkos sama makan, jadi sedikit demi sedikit mulai niat nabung buat beli sepeda, gak kerasa tahun berganti tahun, niat beli sepeda makin mantep ketika itu lihat poster ada beasiswa kalo naik sepeda ke sekolah/kampus… wah cocok nih makin jadi aja nabungnya… saat itu sekitaran tahun 2010 lagi musim-musimnya sepeda warna/fixie sempet tergiur karna harganya lumayan murah dibanding sepeda inceran, tapi niat dari awal emang udah mantep buat beli ini sepeda jadi tetap aja masih lanjut nabungnya sampe akhirnya bulan juli sekitaran 2011duit udah berasa banyak mulai berani cari tau tempat beli ini sepeda, maklum ini sepeda lumayan langka buat dibeli saat itu belum kenal rodalink masih toko-toko sepeda biasa. “Wah mas kalau mau beli sepeda ini mah susah toko yang jual juga langka, mending beli sepeda ini aja” inget banget tuh kata penjual sepeda buat matahin niat beli ini sepeda akhirnya dari referensi di internet akhirnya nemu tempat yang jual walaupun jauh dari rumah tetep niat beli ini sepeda udah mantep. Akhirnya mutusin beli dan ini adalah sepeda pertma yang dibeli dari hasil nabung 😊, awal-awal punya ini sepeda langsung pake perjalan PP kampus-rumah sampe akhirnya mulai iseng-iseng “main jauh” sampai sekarang bikin ketagihan 😁. Walaupun saat ini kondisinya udah banyak dirubah sana-sini tapi tetep aja penampakannya gak berubah tetep sepeda juga 😜. Mungkin ini udah bukan sekedar olahraga aja, tapi udah menjadi kesenangan… saat lagi mumet entah kenapa hilang saat mulai bersepeda 😊 dan yang paling seneng dari bersepeda itu nambah banyak temen ketemu dengan orang-orang baru yang sama-sama senang bersepeda #HappyCycling #PolygonHeist1.0

View on Path

Belajarlah bersyukur dengan merasa cukup

5-cara-mudah-meningkatkan-rasa-bersyukur

Sumber Picture : http://goo.gl/FgSKwM

Mungkin kita sebagai manusia yang sudah ditakdirkan memiliki sifat hawa nafsu akan sulit mengendalikan diri dari keinginan berlebih atau nafsu, manusia akan merasa kurang seberapapun atas apa yang telah dia capai atau miliki. Hal ini merupakan sifat yang buruk yang perlu dihindari karena sesuatu yang berlebihan itu akan mendatangkan keburukan bagi diri kita sendiri. teringat dengan quote dari seorang teman yang mungkin bisa menjadi teladan untuk belajar bersyukur yaitu “Bila air yang sedikit dapat menyelamatkanmu (dari rasa haus). Tak perlu meminta air lebih banyak yang barangkali dapat membuatmu tenggelam”. Maka, selalulah belajar cukup dengan apa yang kamu miliki.